Kronologis Pelaksanaan MUNAS 4 di Semarang (Part-2)

Pada tanggal 7 Juni 2013 ini tidak ada kegiatan pertemuan yang dilakukan oleh SC dan juga jajaran IALI lainnya. Artinya penetapan MUNAS IV IALI pada tanggal 5-7 Juni tidak direspon oleh PN IALI dan OC, karena pada tanggal 4 Juni 2013, PN IALI sudah membatalkan MUNAS dengan cara mengirimkan surat ke daerah daerah dan juga berkomunikasi ke daerah daerah soal pembatalan MUNAS pada tanggal 5-7 Juni 2013, pembatalan itu dilakukan sepihak oleh Ketua Umum PN IALI karena tidak mendapat persetujuan oleh SC MUNAS IV IALI, namun pembatalan itu tetap saja dilaksanakan dan dikirimkan ke daerah daerah oleh PN IALI dan OC MUNAS, ini sungguh sangat disesalkan, karena sesungguhnya pembatalan MUNAS tidak sesuai dengan SK Panitia yang dibuat oleh PN IALI. Pembatalan ini, menjadikan situasi dan pekembangan organisasi IALI dalam keadaan luar biasa sebagaimana diatur dalam AD ART IALI. Pembatalan tersebut merupakan bentuk tidak konsistennya PN IALI dan OC dalam melaksanakan MUNAS secara bertanggungjawab dan murni sesuai dengan semangat dan tema MUNAS IV IALI. Pembatalan tersebut sudah menyebabkan kejanggalan dan kerugian banyak pihak, bukan saja panitia MUNAS di Semarang dan juga PD PD IALI, juga kepada mitra dan stakeholder IALI. Pembatalan ini menyebabakan banyak kegundahan dan kebingungan serta tandatanya, sedangkan waktu terus bergulir dan berjalan.

Pertemuan 7-8 Juni 2013, yang dilaksanakan di Oak Tree Urban Hotel, Jaksel, telah membuka ruang bagi daerah yang ada di Jakarta untuk melanjutkan pertemuan untuk mensikapi situasi terkini tentang pelaksanaan MUNAS dan kondisi IALI. Pertemuan dimulai pada tanggal 7 Juni 2013 malam, kemudian pertemuan dilaksanakan dengan adanya pandangan pandangan umum dari setiap peserta yang dihadir dan dipimpin oleh saudara Ir. Bintang, berlanjut sampai pukul 24 WIB. Selanjutnya pertemuan dilanjutkan besoknya pada tanggal 8 Juni 2013, di ruangan meeting, pertemuan berjalan dari siang sampai dengan malam hari, akhirnya membuahkan beberapa kesepakatan diantaranya ; (1) MUNAS IV IALI dilaksanakan pada tanggal 21-23 Juni 2013, (2) SC tetap bertugas sampai ke MUNAS (3) Penyelenggaraan MUNAS dipimpin oleh saudara Ir. Heru Puworo, (4) yang hadir berhak jadi peserta utusan (5) pembiayaan MUNAS membaginya secara bersama sama (6) Kerugian akibat pembatalan MUNAS menjadi tanggung jawab OC, (7) Mengutus saudara Ir. Bintang A. Nugroho, Ir. Heru Puworo dan Ir. Khairul Tanjung menghadap ke saudara Ketua Umum PN IALI Ir. Hengki T. Heksanto. Pertemuan dengan ketua umum PN IALI ini diatur oleh Ir. Bintang A. Nugroho , namun disayangkan tidak berjalan dengan baik. Menurut pengakuan Ir. Bintang A. Nugroho, bahwa saudara Ir. Khairul Tanjung ditolak kehadirannya oleh ketua umum PN IALI dengan alasan yang tidak jelas. Disayangkan sikap tersebut terjadi, hal ini menimbulkan banyak pertanyaan dan tanda tanya, padahal langkah pertemuan ini semata adalah untuk kepentingan organisasi.

Pada tanggal 17 Juni 2013, MALI menerbitkan surat keputusan nomor : 002/SKEP/MUNAS IALI/VI/2013, bahwa MUNAS IV IALI 2013 harus dilaksanakan pada bulan Juni 2013 ini, untuk menghindari dampak negatif dari penundaan MUNAS, karena MUNAS adalah pengambil keputusan tertinggi, menunda MUNAS berarti menunda keputusan penting dalam organisasi. Keputusan ini diambil untuk meningkatkan capacity building. Surat Keputusan MALI ditanda tangani oleh Ketua Bapak Ir. Omar S. Ichwan, IALI, lalu Sekretaris Ir. Lola MAdjid, IALI dan Dr. Ir. Siti Nurisjah, MSLA, IALI sebagai anggota MALI.

Pada tanggal 17 Juni siangnya PN IALI Ir. Hengki T. Heksanto mengadakan rapat untuk menjelaskan pembubaran OC dan SC MUNAS IV IALI 2013. Bebarapa tanggapan dan pandangan atas peristiwa 17 Juni 2013 ini sudah disampaikan dalam email.

Kita berharap tentunya keputusan MALI menjadi keputusan tertinggi dalam organisasi IALI dan bisa dilaksanakan oleh seluruh jajaran organisasi di bawahnya. SK MALI ini tentunya menjadi final putusan agar MUNAS IV IALI 2013 dilaksanakan pada bulan Juni 2013, dan ini bisa berjalan dengan baik dan sukses. Disayangkan PN IALI tidak melaksanakan SK MALI tersebut agar MUNAS IV IALI dilaksanakan pada bulan Juni 2013 ini di Semarang. PN IALI malah bersikap tidak patuh dan taat dengan keputusan MALI, hal ini menyebabkan kondisi organisasi IALI semakin memburuk. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *