Kronologis Pelaksanaan MUNAS 4 di Semarang (Part-1)

Pada tanggal 13 Oktober 2012, bertempat di Hotel Milenium, Tanah Abang, Jakarta Pusat diadakan Musyawarah Nasional Khusus (MUNASUS) pertama kali diadakan selama sejarah berdirinya IALI. MUNASUS ditujukan untuk mengesahkan AD ART IALI yang tertunda dalam MUNAS III di Bogordan juga memberikan tambahan waktu/masa kepengurusan kepada Ketua Umum PN IALI, saudara Ir.Hengki T. Heksanto beserta jajarannya agar bisa fokus untuk menyiapkan MUNAS dengan baik selambat lambatnya sampai pada bulan akhir Maret 2013. Keputusan MUNASUS dibuat dan ditanda tangani oleh 3 orang pimpinan sidang, saudara Ir. Nazief Etek, IALI, saudara Ir. KhairulTanjung, IALI dan saudara Ir. Mirzah Julistia, IALI.  MUNASUS ini walau pertama kali, tapi sudah bisa membuat keputusan besar dalam organisasi.

Pada tanggal 29 Januari 2013, saudara Ketua Umum PN IALI menerbitkan Surat Keputusan tentang pembentukan panitia pelaksana dan pengarah MUNAS IV IALI 2013. Surat Keputusan  4 lembar tersebut ditandatangani oleh saudara Ir. Hengki Triyoga Heksanto, IALI (ketum) dan Ir. Yovialina Taruna,IALI (sekjen). Surat Keputusan ditembuskan kepada Majelis Arsitek Lansekap Indonesia, Badan Sertifikasi Keahlian IALI, Badan sertifikasi Keterampilan IALI, Unit Layanan Sertifikasi Profesi dan Pengurus Daerah di seluruh Indonesia. Panitia Steering Committee (SC) MUNAS IV IALI diketuai Dr.Ir.Rustam Hakim Manan, MT, IALI dan sekretaris SC saudara Ir. Khairul Tanjung, IALI dengan lima anggota SC. sedangkan Panitia Organizing Committee (OC) yang dikomandoi oleh saudara Ir. Mariana Harahap, MBA, IALI dan Ir. Heru Puworo selaku wakil panitia dengan didukung oleh 34 orang lainnya, agar MUNAS benar benar maksimal dan sukses.  

Selama bulan Februari, Maret, April dan Mei sudah dilakukan beberapa kali rapat SC untuk menyiapkan draft materi materi MUNAS, terhitung rapat pada tanggal 1 Maret 2013, 15 Maret 2013 dan 22 Maret 2013, 23 April 2013, 3 Mei 2013, 6 Mei 2013 dan 15 Mei 2013, lalu pada 4 juni 2013. Total  sudah dilakukan sekitar 8-10 kali rapat SC agar bisa menghasilkan buku panduan MUNAS. Selama rapat sudah dua kali pemunduran waktu MUNAS dan tanggal 5-7 juni 2013 merupakan tanggal terakhir yang ditetapkan oleh SC dan  MUNAS IV IALI harus dilaksanakan di Semarang sebagai bentuk ketaatan kepada hasil MUNAS III di Bogor pada tahun 2009. Dari beberapa kali rapat, memang pada beberapa hal sulit untuk menyamakan pendapat dan pandangan soal MUNAS IV IALI.

Pada tanggal 4 Juni 2013, SC MUNAS IV IALI mengadakan rapat di Gedung JDC lantai 7, mengingat pelaksanaan MUNAS yang semakin dekat, yakni pada tanggal 5-7 Juni 2013. Sebelumnya ketua SC menerima surat email dari Ketua OC, yang meminta agar waktu MUNAS IV IALI dimundurkan, dan pada tanggal 2 Juni 2013 saudara Sekretaris SC menerima surat email dari OC soal hal yang sama, karena beberapa alasan, lalu Ketua  SC tidak bisa langsung menjawab surat email tersebut, dan Ketua SC mengadakan rapat pada tanggal 4 Juni 2013, rapat dihadiri oleh 4 orang, dimulai pada pukul 14.00 WIB dan selesai pada pukul 17.00 WIB. Rapat mengeluarkan hasil rapat yang dituang dalam surat nomor 002a/HR/SC/SC MUNAS IV/IALI/VI/2013, nomor 003a dan nomor 004a yang berisi 4 point hasil rapat, yang pada intinya menolak usulan pemunduran waktu munas yang diajukan oleh OC dan bila tidak dilaksanakan juga sesuai waktu yang ditetapkan SC , maka SC mengundurkan diri dari SC MUNAS IV IALI.  Artinya SC membubarkan diri dan semuanya diserahkan kepada mekanisme yang berlaku dalam AD ART IALI. Surat ini ditujukan kepada OC, PN IALI dan MALIdan dikirimkan via email.

Pertemuan 4 Juni 2013, malam yang diinisiasi oleh Ketua Dewan Penasehat IALI, semua pihak yang tekait dengan MUNAS IV IALI  Semarang diundangan untuk ikut pertemuan di Flora Garden Cafe, Jakarta Selatan. Pertemuan ini diharapkan untuk silahturahmi dan saling menyampaikan pandangan terkait dengan penyelenggaraan MUNAS. Pertemuan ini dihadiri oleh Ir. Abas Sudarmoko, Ir. Omar S. Ichwan, Ir. Sumiantono Rahardjo, Ir. Tri/ Ir. Ade, Ir. Yovie, Ir. Yudi, Ir. Sukatno, Ir. Siti Zulva, Ir. Aznil, Ir. Bagus Tatang, Ir. Nazief, Ir. Khairul, Ir. Bambang, Ir. Huda, Ir. Bintang dan Ir. Togar.

Pertemuan ini mengeluarkan pernyataan atas penundaan pelaksanaan waktu MUNAS IV IALI yang baru diumumkan satu hari sebelum pelaksanaan MUNAS. dan Pertemuan itu mendukung keputusan yang dibuat SC MUNAS tertanggal 4 Juni 2013. Juga mendukung dan meminta MALI untuk segera menentukan sikap tentang MUNAS IV IALI  Semarang. Karena besoknya rencana MUNAS, maka PD IALI yang sudah hadir di Jakarta adalah PD IALI Aceh, PD IALI Sumut dan PD IALI Riau.  PD inilah yang ikut hadir bersama undangan rapat informal di Flora Garden Café. Sangat disayangkan Ketua PN IALI, Ketua OC dan Ketua SC MUNAS IV IALI diundang untuk hadir dan membicarakan bersama-sama kondisi IALI yang berkembang, namun mereka tidak hadir dalam pertemuan tersebut dan malah sebaliknya,  menyalahkan dan menyayangkan pertemuan di Flora Café Pancoran tersebut yang diundang oleh Ketua Dewan Penasehat IALI, padahal pertemuan ini bisa jadi ajang silahturahmi dan bertatap muka untuk membicarakan kondisi terkini IALI. Kawan-kawan PD IALI yang sudah datang di Jakarta tersebut tidak dilayani dengan baik oleh PN IALI, tidak ada komunikasi dan tidak ada upaya untuk bertemu, mereka dibiarkan begitu saja, dan kawan kawan merasa agak kecewa dengan sikap PN IALI seperti itu, termasuk ketua OC dan ketua SC nya. Dan juga disayangkan bahwa upaya untuk melaksanakan MUNAS pada tanggal 5-7 Juni 2013 yang ditekankan oleh Ketua SC agar dilaksanakan, namun itu tidak terbukti dan inilah menjadi saat saat bersejarah bagi IALI, karena pada tanggal 4 Juni 2013 inilah awalnya IALI terbelah dua. Kondisi dua kelompok mulai memburuk dan terasa tidak kondusif.

Pada tanggal 7 Juni 2013, SC MUNAS IV IALI menerbitkan surat email kepada Ketua Pelaksana MUNAS IV IALI 2013 dan surat tersebut ditembuskan kepada PN IALI dan MALI. Surat SC tanggal 7 Juni 2013 ini dengan nomor 005a/SP/SC MUNAS IALI/VI/2013 ini ditandatangani oleh Ketua SC dan Sekretaris SC. Surat tersebut merupakan tindak lanjut surat Panitia Pengarah MUNAS IV IALI tertanggal 4 Juni 2013.

2 thoughts on “Kronologis Pelaksanaan MUNAS 4 di Semarang (Part-1)

  1. omar samuel

    berdasarkan kronologis tsb, terlihat bahwa sampai dengan hari H – 7, semua peserta Munas IV , baik MALI. PN maupun PD2 IALI, serta panitia Munas (SC maupun OC) sudah sepakat bahwa Munas IV dilaksanakan di Semarang, pd tgl 5-7 Juni 2013, dengan materi yg telah disusun, ditentukan dan dibagikan oleh SC ..

    Reply
  2. omar samuel

    Keputusan SC tsb hal yg selanjutnya , menjadi acuan dari PD2 peserta, Dewan Penasehat, MALI utk tetap melaksanakan Munas tsb di bulan Juni

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *